DETAIL KOLEKSI

Peranan ilmu desain komunikasi visual terhadap kampanye sosial anti pembakaran hutan di Sumatera


Oleh : Sigit Aprillianto Ramadhan

Info Katalog

Nomor Panggil : 0016/DKV/2016

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Yusuf Affendi D

Pembimbing 2 : Sandjaja S,

Subyek : Communication in the environmental sciences;Forests and forestry

Kata Kunci : social campaigns, forest burning, Sumatra, law violations, visual communication design


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2016_TA_DKV_09108255_halaman-judul.pdf 77.04
2. 2016-_TA_DKV_09108255_Bab-1.pdf 60.09

P Peranan Ilmu Komunikasi Visual Terhadap Kampanye Sosial Anti Pembakaran Hutan diSumatera. Karya tulis Ilmiah Pengantar Tugas Akhir. Jurusan Desain. ProgramStudi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Seni Rupa dan Desain. UniversitasTrisakti.Penulisan ini dilatarbelakangi dengan banyaknya perusahaan – perusahaannakal yang sengaja membakar hutan yang berada di daerah Sumatera, perusahaan– perusahaan ini sengaja membakar hutan demi kepentingan pribadi mereka.Banyak kerugian – kerugian yang dialami, diantaranya adanya penyakit HISPAyang mematikan, terutama bagi anak - anak. dan dampak pertumbuhanperekonomian negara, khususnya pada pulp dan kertas yang sangat merosot 4,7%.Hal ini membuat Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bertindak untukmencari tahu siapa tersangka di balik terjadinya bencana kebakaran hutantersebut, dan siap untuk memberikan sanksi dan hukuman berat bagi pelaku yangmelakukannya.Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan metodepengumpulan data melalui menyebarkan media visual seperti poster, brosur, daniklan di media sebagai ajakan juga motivasi masyarakat untuk lebih peduliterhadap lingkungan dan peduli akan hutan yang ada di Indonesia. Adapun carauntuk mengurangi terjadinya kebakaran hutan, yaitu dengan cara menyebarkanmedia visual seperti poster, brosur, dan iklan di media sebagai ajakan jugamotivasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan peduli akanhutan yang ada di Indonesia.Kata Kunci : Kampanye sosial, pembakaran hutan di Sumatera, perusahaan –perusahaan besar di Indonesia, pelanggaran hokum, KementrianLingkungan Hidup dan Kehutanan.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?