DETAIL KOLEKSI

Desain interior Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta


Oleh : Mahnita Karlina Adianata

Info Katalog

Nomor Panggil : 0014/DI/2017

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Ati Waliati

Pembimbing 2 : Tetty Sekaryati

Subyek : Library buildings - Decoration;Library Buildings - Designs And Plans

Kata Kunci : interior design, Library Ministry of Education and Culture, Jakarta


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2017_TA_DI_09111022_Halamanjudul.pdf 1552.79
2. 2017_TA_DI_09111022_Bab-1.pdf 475.8

K Kota DKI Jakarta adalah Ibukota Negara Indonesia yang menjadikannya sebagaipusat Pemerinthana Negara, dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasarana yanglengkap, termasuk didalamnya yaitu kantor-kantor Kementerian Negara.Kementerain Negara adalah salah satu lembaga negara yang berkerja untukmendukung jalannya roda pemerintahan, selain aktivitas pekerjaan membangunnegara, Kementerian Negara juga diharapkan dapat menyediakan fasilitas untukmelanyani masyarakat umum. Salahsatunya pada bidang pendidikan yaitu sepertifasilitas perpustakaan, dari tingkat dasar hingga lanjut. Perpustakaan didalamlingkungan Kementerian merupakan salah satu usaha pemerintahan dalammewujudkan rencana Indonesia gemar membaca tahun 2020. Demimewujudkannya penulis melakukan penelitian dengan metode kualitatif mengenaiketertarikan masyarakat mengunjungi perpustakaan, dari segi desain dan fasilitassarana prasarana didalamnya.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terletak di Jalan Sudirman,Jakarta Pusat ini memberikan contoh penyelenggaraan Perpustakaan Kementerianyang baik untuk pengunjung umum dan karyawan didalam lingkunganKementerian itu sendiri. Perpustakaan Kementerian ini memiliki sistemdesentralisasi, yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Desain InteriorPerpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan dapatmemenuhi berbagai aspek baik secara fisik dan non-fisik yang menjadiPerpustakaan Referensi Pendidikan dan Kebudayaan yang berorientasi kepadapemustaka serta menunjang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalammewujudkan insan Indonesia cerdas dan komprehensif. Pada kedepannya denganpemanfaatan teknologi yang terus berkembang, maka perpustakaan tersebutdikembangkan ke arah perpustakaan digital dengan mengambil tema Digitalise

D DKI Jakarta is the capital city of Indonesia which makes it as the center ofGovernment Administration, and is equipped with complete facilities andinfrastructure, includes the State Ministries offices. The State Ministry is one ofthe state institutions that works to support the run of the government. In additionto the work of building the country, the State Ministries are also expected toprovide facilities to serve the general public. One of the facilities is in the field ofeducation such as the library facilities, from the basic to the advanced levels. Thelibrary within the State Ministries is one of the government's efforts in fulfillingthe plan of ‘Indonesians Love to Read in 2020’. To support the program, theauthor conducted the research qualitatively focusing on the design andinfrastructure facilities which will be the interest of the community to visit thelibrary.The Ministry of Education and Culture which is located at Jalan Sudirman,Central Jakarta serves as the example of the implementation of a good StateMinistry Library which is directed to the employees within the Ministry itself andto the general public. The Ministry's library has a decentralized system, which isin line with the needs of the users. The interior design of the Library of theMinistry of Education and Culture is expected to meet various aspects bothphysically and non-physically so it becomes an Education and Culture ReferencedLibrary focusing on the users and supporting the Ministry of Education andCulture in manifesting a comprehensive Indonesian intelligent people. In thefuture, with the use of technology, the library will be developed and equipped withdigital facilities, with the theme ‘Digital Library’.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?