DETAIL KOLEKSI

Usulan strategi peningkatan ekuitas merek produk pasta gigi Formula pada PT. Ultra Prima Abadi


Oleh : Hendra

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2004

Pembimbing 1 : Dedy Sugiarto

Subyek : Brand name products - Management

Kata Kunci : brand equity products, toothpaste, Formula brands, PT. Ultra Prima Abadi


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2004_TA_TI_06399322_Halaman-Judul.pdf 4969.4
2. 2004_TA_TI_06399322_Bab-1.pdf 1503.2
3. 2004_TA_TI_06399322_Bab-2.pdf 14471.82
4. 2004_TA_TI_06399322_Bab-3.pdf 2259.94
5. 2004_TA_TI_06399322_Bab-4.pdf 10811.78
6. 2004_TA_TI_06399322_Bab-5.pdf 12450.93
7. 2004_TA_TI_06399322_Bab-6.pdf 2796.11
8. 2004_TA_TI_06399322_Bab-7.pdf 968.13
9. 2004_TA_TI_06399322_Daftar-Pustaka.pdf 399.28
10. 2004_TA_TI_06399322_Lampiran.pdf 16433.07

P PT. Ultra Prima Abadi yang merupakan produsen berbagai macam produk makanan, minuman, dan toiletries. Salah satu produknya adalah pasta gigi Formula, yang mengalami persaingan yang semakin ketat dari perusahaan lain yang memasarkan produk sejenis. Ketatnya persaingan bisnis membuat produk yang beredar memiliki karakteristik dan kualitas yang hampir sama. Oleh karena itu diperlukan suatu pembeda yang unik dan tidak dapat ditiru oleh pesaingnya. Pembeda yang dimaksud adalah merek, sebab merek yang kuat merupakan aset yang sangat berharga dan dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Untuk itu kekuatan merek (brand equity) sangatlah penting untuk diketahui .Penelitian ekuitas merek pasta gigi Formula dilakukan dengan menggunakaninstrumen kuesioner. Untuk mengetahui atribut- atribut yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam membeli pasta gigi, maka dilakukan pengambilan sampel kuesioner pendahuluan pada 30 responden dengan metode convenience sampling. Untuk esioner penelitian disebarkan 156 kuesioner dengan metode judgement sampling, dimana seluruh responden pernah menggunakan pasta gigi, berumur diatas 15 tahtin, dan tinggal di wilayah DKI Jakarta. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif (rata-rata, frekuensi , dan persentase) dan uji-uji nonparametrik Friedman, Wilcoxon dan Cochran.Basil dari riset menunjukkan hal-hal yang berhubungan dengan ekuitas merek yaitutingkat brand awareness untuk produk pasta gigi merek Formula yang menempati posisikeempat pada top of mind, posisi ketiga pada brand recall dan posisi keempat pada brandrecognition. Urutan prioritas kepentingan atribut yang dipertimbangkan konsumen sebelum membeli pasta gigi adalah merek yang terkenal atau penghargaan yang diperoleh, kemudahan dalam mendapatkan produk, harga produk, pilihan rasa, unsur-unsur tambahan, desain/ bentuk kemasan yang menarik, dan yang terakhir adalah promosi/ iklan. Dari 7 asosiasi yang diuji hanya terdapat 3 asosiasi yang berhubungan erat dalam membentuk brand image dari pasta gigi Formula, asosiasi tersebut adalah mudah dalam mendapatkan produk, harga yang terjangkau dan adanya unsur-unsur tambahan. Kesan kualitas (percieved quality) yang dimiliki oleh pasta gigi merek Formula kalah baik dibandingkan dengan Pepsodent dan Close Up. Untuk loyalitas merek yang terdiri dari beberapa tingkatan dapat disimpulkan bahwa loyalitas konsumen pasta gigi merek Formula masih berada di dibawah pesaingnya, karena persentase committed buyer, liking the brand dan satisfied buyer yang lebih kecil dari para pesaingnya, serta persentase switcher dan habitual buyer yang lebih besar dari para pesaingnya.Untuk dapat meningkatkan ekuitas merek Formula maka diberikan usulan strategi yang meliputi: penentuan posisi merek Formula sebagai pasta gigi yang cocok bagi konsurnen, memperluas sistem pendistribusian, meningkatkan merek pasta gigi Formula sehingga menjadi merek yang terkenal dan mendapatkan banyak penghargaan; iklan yang bersifat kontinyu, iklan yang menarik dan bersifat persuasif, mengadakan kuis di radio­ radio terkemuka, mengadakan undian-undian berhadiah dan menjadi sponsor dalam event­ event yang berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan oleh konsumen .

P PT. Ultra Prima Abadi is a producer of foods, beverages, and toiletries. One of the products is Formula toothpaste, that faces a tight competition from other compan ies that produce similar product. The business competition causes similarities in character and quality. Thus, it is needed a significant feature or unique feature which can't be duplicated by competitors. The feature is "Brand", because a firm brand is a precious asset and it can increase company's benefits. Thus, "Brand Equity" is very important to be recognized .The "Brand Equity" research of Formula toothpaste conducted by using instrumentquestionair. To know attributes becoming consumer consideration in buying toothpaste, • hence done by intake of antecedent questinair sampel at 30 responder with method of convenience sampling. For the questionair of research propagated 156 kuesioner with method of judgement sampling, where all responder have used tooth paste, age above 15 years old, and live in region of DKI Jakarta. The Data Processing is using descriptive statistics (mean, frequency, and percentage) and Non-parametric test - Friedman, Wilcoxon and Cochran.The Results of this research show important points that are related to Brand Equityare brand awareness of Formula toothpaste consists of 4th position in "top of mind", 3rdposition in "brand recall", and 4th position in "brand recognition ". The priority degree of attributes which are considered by consumers to buy toothpaste are known brand or gained awards, easy to get the product, price, taste choice, additional ingredients, desaign of package and promotion! advertisement. Among those 7 associations, there are 3 associations that related to brand image of Forinula toothpaste. They are easy to get the product, affordable price, and enriched with additional ingredients. The perce ived quality of Formula is worse than Pepsodent and Close Up. For Brand Loyalty , there are some degrees that can be concluded. Brand Loyalty of Formula is at the lower level than it's competitors because the committed buyer, liking the brand and satisfied buyer percentage of Formula is smaller than it's competitors. Also the switcher and habitual buyer percentage of Formula is bigger than it's competitorsTo increase the Brand Equity of Formula, there are specific strategies to take bydefining brand positioning of Formula as the most suitable toothpaste, widening distribution system, increase the brand of Formula become a well-known brand and gained with many awards, continously advertisement, fine and persuasive advertisement, make some quizzes in famous radio, having a lottery, sponsoring some events related to customer's activaties.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?