DETAIL KOLEKSI

Penggunaan preventive maintenance dan model markov untuk menentukan interval pemeriksaan mesin valve P-243, P-233 dan P-223 pada sistem HPU di PT. Evonik Indonesia


Oleh : Gita Candra T.Y

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Docki Saraswati

Pembimbing 2 : Ir.Eveline Anne Marie,MT

Subyek : Maintenance;Model;Management operations;Software engineering;Human machine interaction.

Kata Kunci : Downtime, ketersediaan (availability), Preventive Maintenance, Model Markov, Steady State


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2011_TA_TI_06307123_Judul.pdf 1670.26
2. 2011_TA_TI_06307123_Abstrak.pdf 1460.58
3. 2011_TA_TI_06307123_Daftar-Isi.pdf 4814.27
4. 2011_TA_TI_06307123_Bab1.pdf 2285.34
5. 2011_TA_TI_06307123_Bab2.pdf 13608.63
6. 2011_TA_TI_06307123_Bab3.pdf 3407.63
7. 2011_TA_TI_06307123_Bab7.pdf 1239.16
8. 2011_TA_TI_06307123_Daftar-Pustaka.pdf 803.63
9. 2011_TA_TI_06307123_Lampiran.pdf 35224.4

P PT Evonik Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi bahan kimia hydrogen peroxide (H202). Penelitian Tugas Akhir ini, dilakukan di bagian maintenance pada sistem Hydrogen Purification Unit (HPU) pada periode bulan Januari 2010 sampai dengan November 2010. Permasalahan yang terjadi adalah sistem perawatan mesin perusahaan mat ini belum terencana dengan baik, sehingga menghasilkan waktu downtime mesin yang tinggi. Perencanaan jadwal pemeriksaan yang baik dapat meningkatkan nilai availability mesin sehingga waktu downtime pada mesin dapat di minimasi. Tahapan proses penelitian diawali dengan mengidentifikasi mesin kritis dan komponen kritis. Untuk perhitungan Preventive Maintenance, setiap komponen kritis dihitung interval waktu penggantian pencegahan dan interval waktu pemeriksaan dengan melakukan perhitungan identifikasi awal distribusi, pengujian Goodness of Fit, dan menghitung parameter dengan tujuan memperoleh nilai availability. Perhitungan nilai availability dengan Model Markov di lakukan dengan menentukan laju kerusakan dan laju perbaikan setiap komponen, menentukan state dan diagram transisi, menentukan matrix probabilitas transisi, menentukan probabilitas steady state dan menghitung nilai availability dan interval waktu pemeriksaan. Preventive Maintenance merupakan salah satu pendekatan dalam meningkatkan nilai availability dimana kejadian yang terjadi sekarang tidak berpengaruh pada kejadian berikutnya. Model Markov merupakan teori probabilitas modern dimana kejadian sekarang digunakan untuk memprediksi kejadian berikutnya. Pendekatan Model Markov dapat menghasilkan nilai availability untuk kondisi steady state. Model Markov yang digunakan dalam perhitungan yaitu Single Repairable Component. Berdasarkan basil perhitungan yang telah dilakukan, terdapat 3 mesin Valve kritis dalam sistem HPU yaitu Valve P-243, P-233 dan P-223. Nilai availability yang dimiliki perusahaan saat ini untuk Valve P-243 sebesar 90.22%, P-233 sebesar 90.7% dan untuk P-223 sebesar 90.24%. Dengan pendekatan Preventive Maintenance nilai availability Valve P-243 meningkat 4.94%, Valve P-233 meningkat 6.78% dan Valve P-223 meningkat 6.77%. Pendekatan Model Markov menghasilkan nilai availability steady state, untuk Valve P243 sebesar 97.80%, untuk Valve P-233 sebesar 98.85% dan untuk Valve P-223 sebesar 98.57%. Pembuatan interval pemeriksaan komponen berdasarkan pendekatan Preventive Maintenance untuk komponen spring setiap 182.73 jam, piston stem o-ring setiap 242.91 jam, actuator stem o-ring setiap 364.36 jam, packing spancer setiap 242.91 jam, dan seat ring gasket setiap 242.91 jam. Interval pemeriksaan dengan Model Markov untuk komponen spring setiap 182.18 jam, piston stem o-ring setiap 242.91 jam, actuator stem o-ring setiap 242.91 jam, packing spancer setiap 242.91 jam, dan seat ring gasket setiap 242.91 jam.

P PT Evonik Indonesia is one of manufacturing company which produces hydrogen peroxide (H202). This research is done in maintenance department at Hydrogen Purification Unit (HPU) system. Research carried out the period January 2010 to November 2010. The problem at present is company maintenance system unplanning well, it makes increases the number of downtime. A good maintenance planning will be decreases the number of engine availability, so the result can minimize the downtime. The research is beginning with identifying critical engine and critical component. For Preventive Maintenance, every critical component is calculated replacement time interval of prevention and inspection interval time by calculating the distribution of initial identification, Goodness of Fit testing, and calculating the parameters in order to obtain the availability value. The calculation of availability value with Markov's model are done by determining rate of damage and rate of improvement each component, determining state and transition diagram, determining transition of probability matrix, determining steady state of probability and calculating availability value and inspection interval time. Preventive Maintenance approach is used to increasing the number of availability, where the condition at present is not effects to the next condition. Markov's Model is modern probability theory where the condition at present is used to a predict the next condition. The result of Markov's Model approach is a number of steady state condition. Markov Models which used for calculation is Single Repairable Component. According to the result, there are 3 critical valve engine in HPU system, consist of Valve P243, Valve P233, and Valve P223. The company HPU system at present, give a number availability as big as 90.22% for Valve P-243, 90.7% for Valve P-233 and 90.24% for Valve P-223. A number of availability with Preventive Maintenance approach are increasing 4,94% for Valve P243, increasing 6,78% for Valve P233 and 6.77% for Valve P223. While with Markov's Model approach, a number of availability steady state are 97,80% for Valve P243, 98,85% for Valve P233 and 98.57% for Valve P223.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?