DETAIL KOLEKSI

Perancangan konstruksi sheet pile pada penggantian dermaga curah kering Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta


Oleh : Andini Mardiani Soepratiknyo

Info Katalog

File Jurnal : 00000000000000096781.pdf

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Suwandi Saputro

Subyek : Design construction - Sheet pile;Dry bulk dock location

Kata Kunci : solid bulk cargo, sheet pile, plaxis, safety factor.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2019_TA_TS_051001400007_Halaman-judul.pdf 3366.44
2. 2019_TA_TS_051001400007_Bab-1.pdf 212.17
3. 2019_TA_TS_051001400007_Bab-2.pdf 951.18
4. 2019_TA_TS_051001400007_Bab-3.pdf 1223.93
5. 2019_TA_TS_051001400007_Bab-4.pdf 1433.07
6. 2019_TA_TS_051001400007_Bab-5.pdf 206.48
7. 2019_TA_TS_051001400007_Daftar-pustaka.pdf 180.1
8. 2019_TA_TS_051001400007_Lampiran.pdf 4489.84

P Pelabuhan Tanjung Priok merupakan salah satu pelabuhan besar di Indonesia. Pelabuhan ini melayani pengisian bahan bakar dan air bersih, naik – turun penumpang dan kendaraan, dermaga untuk kegiatan bongkar – muat peti kemas, terminal curah cair dan curah kering, pusat distribusi dan konsolidasi barang. Pada dermaga curah kering pasir pada Pelabuhan Tanjung Priok awalnya memiliki tipe dermaga terbuka namun fungsi dermaga terbuka tersebut kurang efektif, karena kapal yang bertambat tidak pada dermaga yang seharusnya dan pada pinggir pantai dermaga tersebut masih menggunakan dinding penahan tanah konvensional yaitu batang pohon kelapa. sehingga diperlukan pergantian tipe dermaga serta struktur pada dermaga. Pada perancangan dermaga ini dirancang dengan sheet pile dan tipe dermaga marginal. Pada perhitungan sheet pile menggunakan software plaxis v8.6. Struktur sheet pile yang digunakan menggunakan baja AZ – 18 – 700 dengan kedalaman 25 m dan galian tanah pasif 9 m. Dari hasil perhitungan menggunakan plaxis, sheet pile yang dirancang memiliki deformasi sebesar 33,55 × 10-3 m atau 3,55 cm. Dan sheet pile memiliki faktor keamanan sebesar 1,7706 ≥ 1,5 melebihi angka FS ≥ 1,5. Dengan hasil tersebut diperoleh sheet pile yang di rancang memenuhi nilai faktor keamanan dan dinyatakan aman.

P Port of Tanjung Priok is one of the largest port in Indonesia. This port serves as a place to bunkering and refilling fresh water, embarkment and disembarkment of passangers and vehicles, loading and unloading ship containers, bulk cargo (liquid and solid), goods’ distribution and consolidation center. Solid bulk cargos for sand at Port of Tanjung Priok used to have opening ports, which not very effective due to many ships not docking at the right port. With that, a change is made to the state and structure of the port. The new port is designed with sheet pile and marginal state. Sheet pile’s calculation is done using software plaxis v8.6. The sheet pile structure used steel AZ – 18 – 700 with 25 m depth dan passive excavation 9 m. From the calculation result using plaxis, the designed sheet pile has a deformation of 33,55 × 10-3 m or 3,55 cm. And the designed sheet pile has a safety factor of 1,7706 ≥ 1,5 which goes over FS ≥ 1,5. With that result, the designed sheet pile has fulfilled the safety factor and is considered save.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?