DETAIL KOLEKSI

Pengaruh kecerdasan emosional, kepercayaan diri dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi


Oleh : Yunita Putri Utami

Info Katalog

Nomor Panggil : 2019_TA_AK_023001714023

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : H.Slamet Wiyono

Subyek : Accounting - Student knowledge

Kata Kunci : emotional intelligence, confidence, and learning behavior, understanding level of accounting


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2019_TA_AK_023001714023_Halaman-Judul.pdf 1789.21
2. 2019_TA_AK_023001714023_Bab-1.pdf 1000.95
3. 2019_TA_AK_023001714023_Bab-2.pdf 1235.47
4. 2019_TA_AK_023001714023_Bab-3.pdf 1161.02
5. 2019_TA_AK_023001714023_Bab-4.pdf 1516.71
6. 2019_TA_AK_023001714023_Bab-5.pdf 775.17
7. 2019_TA_AK_023001714023_Daftar-Pustaka.pdf 707.96
8. 2019_TA_AK_023001714023_Lampiran.pdf 2275.67

P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kepercayaan diri, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Penelitian ini menggunakan data primer yang memuat pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala likert.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti Tahun 2014, 2015, dan 2016 sejumlah 600 orang mahasiswa aktif. Sampel penelitian sejumlah 251 mahasiswa. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive Sampling. Metode statistik untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional secara individual berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi; kepercayaan diri secara individual berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi; perilaku belajar secara individual berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Pengaruh yang dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional, kepercayaan diri, dan perilaku belajar, terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dalam penelitian ini sebesar 58,6%, sedangkan 41,4% mampu dijelaskan oleh variabel independen lain yang tidak diikutsertakan dalam model. Sehingga dapat disimpulkan kecerdasan emosional, kepercayaan diri, dan Perilaku Belajar memiliki pengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Dalam penelitian ini penulis memiliki saran, bagi peneliti selanjutnya, dapat memperluas obyek penelitian dengan meneliti lebih dari satu universitas serta dapat mengembangkan model dengan mempertimbangkan dua model kecerdasan yaitu kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial serta menambahkan variable independen lainnya yang dapat berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

T The Research Objectives are Emotional Intelligence, Confidence, and Learning Behavior at the Level of Understanding of Accounting to Accounting Students, Faculty of Economics and Business, Trisakti University.This study uses a primary scale. The Population in this study were Accounting Students. The population in this study is a Accounting Students. Faculty Economics and Business Trisakti University in 2013, 2014 and 2015 totally 600 students. The research sample was 251 students. Sample were taken using purposive sampling method. Statistical methods for testing hypotheses using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that individual emotional intelligence has a positive effect on the level of understanding of accounting; individual confidence has a positive effect on the level of understanding of accounting; individual learning behavior has a positive effect on the level of understanding of accounting. This study involved 58,6%, while 41,4% were able to be accessed by independent variables not included in the model. Financial accounting. Faculity of Economics and Business, Trisakti University. In this study the author has suggestions, for further researchers, can expand the object of research by examining more than one university and can develop a model by considering two models of intelligence namely spiritual intelligence and social intelligence and adding other independent variables that can influence the level of understanding of accounting.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?