DETAIL KOLEKSI

Lansekap Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran di Marunda


Oleh : Metty Ivonny Natalia Aponno

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Iwan Ismaun

Pembimbing 2 : Haryadi Wijayanto

Subyek : Campus planning;Landscape design

Kata Kunci : campus landscape, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Marunda


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2006_TA_SAL_08101025_Halaman-Judul.pdf 2578.4
2. 2006_TA_SAL_08101025_Bab-1.pdf 1433.61
3. 2008_TA_SAL_08103022_Bab-2.pdf 7499.93
4. 2008_TA_SAL_08103022_Bab-3.pdf 3394.61
5. 2008_TA_SAL_08103022_Bab-4.pdf 3368.18
6. 2008_TA_SAL_08103022_Bab-5.pdf 2095.06
7. 2008_TA_SAL_08103022_Bab-6.pdf 1640.6
8. 2008_TA_SAL_08103022_Daftar-Pustaka.pdf 1041.92
9. 2006_TA_SAL_08101025_Lampiran.pdf 2234.05

N Negara Indonesia merupakan negara kepulauan dimana dikelilingi oleh lautan. Oleh karena itu negara Indonesia sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan atau pelaut. Semakin majunya zaman maka pengetahuan akan kelautan atau kemaritiman dan pelayaran perlu ditingkatkan sehingga menjadi lebih maju dan baik lagi. Oleh sebab itu dibuatlah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran ( STIP ). Sekolah ini terletak di daerah Marunda kecamatan Cilincing kodya Jakarta Utara. STIP memiliki luas sebesar 31,88Ha. Kelebihan dari sekolah ini terletak dengan kali yang bermuara di Laut Jawa. Oleh karena itu menjadi satu keuntungan buat sekolah tersebut.Selain keunggulan atau potensi yang dimiliki, pada sekolah tersebut jugaterdapat permasalahan seperti memiliki topografi yang cukup datar mengakibatkan pada saat hujan terjadinya genangan. Selain itu juga permasalahan lain yang terdapat disana adalah masih banyak lahan kosong yang belum digunakan dan juga merupakan tanah kosong sehingga mengakibatkan semakin panasnya daerah sekitamya.Oleh karena itu perlu adanya perubahan - perubahan yang dapat mengatasi permasalahan yang ada.Pengembangan lahan STIP dilakukan dengan mengambil pendekatanberdasarkan interprestasi lansekap yaitu lansekap sebagai sistem dimana di dalam sekolah terdapat sistem yang saling terkait dan bila satu sistemnya tidak dapat berjalan dengan baik maka sistem yang lain tidak dapat berjalan. Terna yang digunakan didalam perancangan yaitu lansekap edukatif, dimana lansekap yang ada dapat membuat penggunanya semakin giat di dalam proses belajar dan mengajar dan dapat menunjang pendidikan yang ada dengan fasilitas yang akan dirancang. Selain itu juga pengembangan tapaknya hams dengan melakukan evaluasi master plan dan analisa tapak yang menggunakan beberapa aspek sebagai dasar pertimbangan utama seperti aspek estetika, kegiatan.Oleh karena itu dengan permasalahan yang ada maka peran dari seoranglansekap sangat dibutuhkan dalam merencanakan dan membangun ruang luar yang mampu menciptakan suasana yanga nyaman didalam belajar mengajarterutama pada ruang luar dan dapat menunjang pendidikan dan j':lga dapat menata tapak menjadi baik serta dapat mencerminkan suatu karakter atau identitaskampus tersebut.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?