DETAIL KOLEKSI

Hubungan hobi bermain game dengan kejadian miopia pada anak kelas 3-6 di SD "X"


Oleh : Tisa Zulfia

Info Katalog

Nomor Panggil : 617.755 Zul h

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2014

Pembimbing 1 : Irdian Nofriansyah

Subyek : Eye disease - Myopia

Kata Kunci : games, video games, myopia


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2014_TA_KD_03010267_Halaman-Judul.pdf 3211.11
2. 2014_TA_KD_03010267_Bab-1-Pendahuluan.pdf 574.54
3. 2014_TA_KD_03010267_Bab-2-Tinjauan-Literatur.pdf 640.5
4. 2014_TA_KD_03010267_Bab-3-Kerangka-Konsep.pdf 610.11
5. 2014_TA_KD_03010267_Bab-4-Metode.pdf 611.64
6. 2014_TA_KD_03010267_Bab-5-Hasil.pdf 610.24
7. 2014_TA_KD_03010267_Bab-6-Pembahasan.pdf 605.69
8. 2014_TA_KD_03010267_Bab-7-Kesimpulan.pdf 594.61
9. 2014_TA_KD_03010267_Daftar-Pustaka.pdf 572.07
10. 2014_TA_KD_03010267_Lampiran.pdf 16986.67

L Latar belakang : Miopia (atau rabun jauh) adalah suatu kondisi di mana obyek yang jauh tidak ditampilkan atau mengenai tepat pada retina oleh sistem optik mata, karena sinar sudah bertemu sebelum mengenai retina. Miopia adalah penyakit mata yang kompleks, dimana kedua faktor genetik dan lingkungan berkontribusi terhadap perkembangannya. Seiring dengan kemajuan teknologi dan komunikasi seperti televisi, komputer, video game dan lain-lain secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan aktivitas melihat dekat dimana hal ini merupakan salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan miopia, oleh karena hal ini, pada anak yang yang memiliki kecendrungan untuk suka bermain game atau dapat dikatakan memiliki hobi bermain game kemungkinan mempunyai resiko mengalami kelainan refraksi salah satunya berupa miopia.Metode : Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan cross sectional dengan sampel 134 siswa-siswi sd “X” yang memenuhi kriteria inklusi (terdaftar sebagai siswa sd “X” yang duduk di kelas 3-6 Sd dan yang mendapat izin dari orang tua murid atau wali). Data yang dikumpulkan merupakan data primer dengan pengisian kuesioner dan pemeriksaan mata. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square, dengan tingkat kemaknaan p<0,05.Hasil penelitian: Dari 134 responden didapatkan jumlah responden yang menderita miopia adalah sebanyak 70 responden (52,2%), dan tidak menderita miopia adalah sebanyak 64 responden (47,8%). tidak ada hubungan yang bermakna antara riwayat orang tua miopia ( p=0.065 ), hobi membaca dengan ( p=0.534 ), lama aktivitas menonton televisi ( p=0.790 ), kebiasaan membaca di tempat redup ( p=0.274 ), dan hobi bermain game dengan kejadian miopia pada anak ( p=0.106 ). Namun ditemukan hubungan yang bermakna antara lama membaca ( ≥1jam) dengan kejadian miopia pada anak ( p=0.015 ).Kesimpulan : Penderita miopia dan memiliki hobi bermain game sebanyak 51 (38,05%) responden sedangkan responden yang tidak menderita miopia dan tidak memiliki hobi bermain game sebanyak 10 responden (7,46%). Berdasarkan uji Chi-square didapatkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara hobi bermain game dengan kejadian miopia pada anak ( p=0.106 )

B Background : Myopia ( or nearsightedness) is a condition in which distant objects are not displayed on the right or on the retina by the optical system of the eye , because the light has been met before the retina . Myopia is a complex eye disease , in which both genetic and environmental factors contribute to its development . Along with advances in technology and communications such as television , computers , video games and others directly or indirectly will increase the activity seen near where it is one of the factors that play a role in the progression of myopia , because of this, the child who has tendency to love to play the game or can be said to have a hobby of playing the game of risk has possibly experienced refractive disorders such as myopia one .Methods : This study was a cross sectional study with a sample of 134 students of “X” elementary school that meet the inclusion criteria ( listed as “X” students in grades 3-6 and got permission from the parents or guardian ) . The data is the primary data collected by questionnaires and eye exams . Data were analyzed by chi square test , with a significance level of p < 0.05 .Results: Of the 134 respondents found the number of respondents who suffer from myopia is as much as 70 respondents ( 52.2 % ) , and does not suffer from myopia is a total of 64 respondents ( 47.8 % ) . there was no significant association between parental history of myopia ( p = 0.065 ) , with a hobby of reading ( p = 0.534 ) , duration of activity of watching television ( p = 0.790 ) , the habit of reading in dim ( p = 0.274 ) , and the gaming hobby with the incidence of myopia in children ( p = 0.106 ) . However, a significant association was found between long reads ( ≥ 1 hour ) with the incidence of myopia in children ( p = 0.015 ) .Conclusion : Patients with myopia and enjoys playing the game by 51 ( 38.05 % ) respondents while respondents who do not suffer from myopia and have no gaming hobby as much as 10 respondents ( 7.46% ) . Based on Chi-square test showed that there was no significant association between the gaming hobby with myopia in children ( p = 0.106 )

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?