DETAIL KOLEKSI

Hubungan tipe kepribadian dengan prestasi belajar pada siswa SMA X


Oleh : Muhammad Alkadri Anugrah

Info Katalog

File Jurnal : 00000000000000098274.pdf

Nomor Panggil : S 1387

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Dian Mediana

Subyek : Psychology - Personality;Education - Learning achievement

Kata Kunci : academic achievement, personality type, students


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2019_TA_KD_03014126_Halaman-judul.pdf 1177.16
2. 2019_TA_KD_03014126_Bab-1-Pendahuluan.pdf 642.66
3. 2019_TA_KD_03014126_Bab-2-Tinjauan-literatur.pdf 681.66
4. 2019_TA_KD_03014126_Bab-3-Kerangka-konsep.pdf 637.01
5. 2019_TA_KD_03014126_Bab-4-Metode.pdf 915.21
6. 2019_TA_KD_03014126_Bab-5-Hasil.pdf 722.26
7. 2019_TA_KD_03014126_Bab-6-Pembahasan.pdf 644.89
8. 2019_TA_KD_03014126_Bab-7-Kesimpulan.pdf 526.89
9. 2019_TA_KD_03014126_Daftar-pustaka.pdf 623.5
10. 2019_TA_KD_03014126_Lampiran.pdf 2139.76

L LATAR BELAKANG : Proses pendidikan terdiri dari tiga unsur dasar yakni input-proses-output. Inputyang dimaksud yaitu siswa dengan berbagai latar belakangnya. Proses yaitukegiatan pembelajaran yang di dalamnya mencakup pemberian dan pemahamanmateri oleh guru kepada siswa. Output merupakan hasil telaah yang telah dicapaimeliputi kognitif, afektif dan psikomotorik. Di antara ketiga unsur tersebut, prosespembelajaranlah yang nantinya akan menentukan baik tidaknya kemampuan danhasil belajar siswa. Siswa sebagai orang yang sedang belajar dan berkembangmemiliki keunikan dan karakter masing-masing dalam proses pembelajaran.Keunikan yang dimiliki membuat siswa memiliki respon yang berbeda dalammemahami suatu pelajaran. Baik dari segi sikap ataupun gaya belajar yangmenunjang keberhasilan belajarnya. Salah satu contoh tipe kepribadian ekstrovertseperti belajar berkelompok dan diskusi, sedangkan siswa dalam kepribadianintrovert lebih menyukai belajar secara individu. Menurut penelitian yangdilakukan oleh Putra IG dan Aryani LNA bahwa individu dengan tipe kepribadianintrovert (43,5%) lebih sedikit dibandingkan dengan tipe kepribadian ekstrovert(56,5%).METODEPenelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan metode crosssectionaldengan melakukan wawancara dan pengisian kuesioner oleh 378responden pada bulan September–November 2018 di Sekolah Menengah AtasNegeri 3 Padang. Data dianalisis dengan uji chi-square dengan batas kemaknaanp<0,05.HASILDidapatkan hasil p=0,000 untuk nilai eksakta, p=0,000 untuk nilai non-eksakta,dan p=0,000 untuk nilai rata-rata. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa nilai p<0,05sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan bermakna antara tipe kepribadiandengan prestasi belajar pada siswa SMA.KESIMPULANPada penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tipe kepribadiandengan prestasi belajar pada siswa SMA.

B BACKGROUND : The education process consists of three basic elements, namely input-processoutput.The intended input is students with various backgrounds. The process is alearning activity which includes the giving and understanding of material by theteacher to students. Output is the result of studies that have been achievedincluding cognitive, affective and psychomotor. Among the three elements, thelearning process will determine whether or not students' abilities and learningoutcomes will be good. Students as people who are learning and developing havetheir own uniqueness and character in the learning process. The uniqueness that isowned makes students have different responses in understanding a lesson. Both interms of attitudes or learning styles that support the success of learning. Oneexample of extroverted personality types is group learning and discussion, whilestudents in introverted personalities prefer individual learning. According toresearch conducted by Putra IG and Aryani LNA that individuals with introvertedpersonality types (43.5%) were less than extroverted personality types (56.5%).METHODThis study was an observational analytic study with cross-sectional method byconducting interviews and filling out questionnaires by 378 respondents inSeptember-November 2018 at Senior High School 3 Padang. Data were analyzedby chi-square test with significance limits p<0.05.RESULTSThe Results p=0.000 for exact values, p=0.000 for non-exact values, and p=0.000for average values. From these results it was obtained that the value of p<0.05 soit can be concluded that there is a significant relationship between personalitytypes and academics achievement in high school students.CONCLUSIONIn this study, it was concluded that there was a relationship between personalitytype and academics achievement in high school students.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?