DETAIL KOLEKSI

Gambaran pengetahuan dan sikap mahasiswa program profesi dokter gigi terhadap intervensi minimal kedokteran gigi : kajian dilakukan pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (laporan penelitian)


Oleh : Gadara Alifah Nur Vega

Info Katalog

Nomor Panggil : 617.634.2 GAD g

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : drg. Ade Prijanti, Sp.KG.

Subyek : Conservative teeth - Dentistry;Dental caries

Kata Kunci : dental caries, knowledge, attitude, minimal intervention dentistry


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2019_TA_KG_040001500071_Halaman-Judul.pdf 1351.94
2. 2019_TA_KG_040001500071_Bab-1.pdf 768.43
3. 2019_TA_KG_040001500071_Bab-2.pdf 913.76
4. 2019_TA_KG_040001500071_Bab-3.pdf 860.81
5. 2019_TA_KG_040001500071_Bab-4.pdf 891.01
6. 2019_TA_KG_040001500071_Bab-5.pdf 948.05
7. 2019_TA_KG_040001500071_Bab-6.pdf 855.36
8. 2019_TA_KG_040001500071_Bab-7.pdf 656.38
9. 2019_TA_KG_040001500071_Daftar-Pustaka.pdf 792.76
10. 2019_TA_KG_040001500071_Lampiran.pdf 2228.73

I Intervensi minimal kedokteran gigi merupakan suatu pendekatan modern untuk manajemen karies. Filosofi konsep intervensi minimal yaitu memberikan perhatian utama pada gejala awal, deteksi dini, dan perawatan pada tingkat mikro, diikuti dengan invasi minimal dan “patient friendly” sebagai pilihan untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh penyakit seperti karies. Tujuan: untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap mahasiswa program profesi dokter gigi terhadap intervensi minimal kedokteran gigi. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan desain potong silang. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program profesi dokter gigi dan mahasiswa program profesi dokter gigi spesialis di FKG Universitas Trisakti. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil: Total responden untuk penelitian ini yaitu 129 subjek. Hampir seluruh subjek penelitian dapat menjawab kuesioner dengan benar mengenai pengetahuan dengan presentase 71,93% untuk mahasiswa program profesi dan 84,38% untuk mahasiswa program spesialis. Pada bagian sikap, memiliki sikap yang positif dengan 74,28% untuk mahasiswa program profesi dan 87,5% untuk mahasiswa program spesialis, sedangkan sikap dalam praktek mayoritas mahasiswa program profesi menjawab tidak pernah melakukan prosedur intervensi minimal sebesar 32,7% dan mahasiswa program spesialis mayoritas menjawab kadang-kadang melakukan prosedur sebesar 32,1%. Kesimpulan: mahasiswa program profesi menunjukkan pengetahuan yang memadai dan sikap positif, tetapi tidak demikian dalam gambaran sikap dalam praktek, sedangkan mahasiswa program profesi dokter gigi spesialis memiliki pengetahuan yang baik, sikap dan sikap dalam praktek yang termasuk dalam kategori positif terhadap intervensi minimal kedokteran gigi.

M Minimal intervention dentistry (MID) is a modern approach to the management of dental caries. The philosophy of professional care in minimal intervention dentistry can be defined as focusing on the initial symptom, early detection, immediate treatment on a micro scale, followed with minimally invasive and patient-friendly treatment to restore damages caused by dental caries. Objective: The aim of this study is to describe the knowledge and attitude about minimal intervention dentistry among dental students in clinical years and post graduate dental student in the faculty of dentistry, Trisakti University. Method: This research was conducted using descriptive observational with cross-sectional design on dental students in clinical years and post graduate dental student. The data were collected using a questionnaire. Result: Total of 129 respondents was involved. Almost all research subjects could answer the questionnaire correctly regarding knowledge with 71,93% of dental students in clinical years and 84,38% of post graduate dental student. In attitude section, have a positive attitude with 74,28% of dental students in clinical years and 87,5% of post graduate dental student agree with the concept of minimal dentistry intervention, While the attitude in daily practice of dental students in clinical years answered that they had never do minimum intervention procedure with 32.7% and post graduate dental student answered sometimes do that procedure with 32.1%. Conclusion: dental students in clinical years show good knowledge and positive attitude, but it doesn’t affect their attitudes in daily practice, whereas residency doctors have good knowledge, attitude, and practices that include into the positive category of minimal interventions dentistry.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?