DETAIL KOLEKSI

Kajian semiotika transformasi logo optik kasoem


Oleh : Lintang Abimantrana

Info Katalog

Pembimbing 3 : Lintang Abimantrana

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2025

Pembimbing 1 : Elda Franzia Jasjfi

Pembimbing 2 : Acep Iwan Saidi

Kata Kunci : Intertextuality, Logo Transformation, Optik Kasoem, Semiotic, Visual Identity

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2025_TS_MDP_191212300004_Halaman-Judul.pdf 17
2. 2025_TS_MDP_191212300004_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2025_TS_MDP_191212300004_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2025_TS_MDP_191212300004_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2025_TS_MDP_191212300004_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2025_TS_MDP_191212300004_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2025_TS_MDP_191212300004_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2025_TS_MDP_191212300004_Bab-1.pdf 7
9. 2025_TS_MDP_191212300004_Bab-2.pdf 39
10. 2025_TS_MDP_191212300004_Bab-3.pdf 6
11. 2025_TS_MDP_191212300004_Bab-4.pdf 62
12. 2025_TS_MDP_191212300004_Bab-5.pdf 4
13. 2025_TS_MDP_191212300004_Daftar-Pustaka.pdf 6
14. 2025_TS_MDP_191212300004_Lampiran.pdf 8

L Logo pada brand dapat mencerminkan pesan, nilai dan orientasi sebuah perusahaan. optik kasoem adalah sebuah brand yang telah berdiri sejak 1938 dan mengalami tiga kali transformasi yang mencerminkan dinamika identitas visualnya seiring perkembangan zaman dan preferensi konsumen, transformasi pada logo optik kasoem menjadi salah satu bentuk untuk mempertahankan keberlanjutannya agar tetap relevan terhadap tren visual pada zamannya. penelitian ini bertujuan memahami makna pada pergeseran tanda logo optik kasoem. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yaitu semiotika dan intertekstual dan metode interdisiplin dan yang saling terintergrasi. dengan menganalisis elemen desain seperti bentuk, warna, dan tipografi dari hasil pengumpulan data yang diarsipkan. hasil penelitian transformasi logo optik kasoem menunjukkan adanya upaya bertahan dalam bisnis menyesuaikan pesan dan makna terhadap perkembangan pasar, kebutuhan konsumen, dan konteks sosial pada masanya. perubahan elemen seperti nama, tipografi, warna, hingga bentuk mencerminkan dinamika komunikasi perusahaan, dengan mempertahankan esensi tanda waris nama kasoem. transformasi ini juga memperlihatkan kecenderungan konservatif dalam pendekatan kreatif. dengan memberikan stimulus pada penambahan kata “optik” untuk menjaga daya hidup brand sebagai conditioning semantik. namun, hal ini belum sepenuhnya mencerminkan keberanian untuk mendefinisikan ulang peran optik.

A A brand’s logo can reflect the message, values, and orientation of a company. optik kasoem is a brand established in 1938 that has undergone three transformations, each reflecting the dynamics of its visual identity in line with evolving times and consumer preferences. the transformation of optik kasoem’s logo serves as a means to maintain its continuity and remain relevant to the visual trends of its era. this study aims to understand the shift in message and meaning conveyed through the brand\\\'s visual symbols. this research applies a qualitative framework using an approaches of semiotics and intertextuality and interdisciplinary method that’s integrated. the analysis focuses on design elements such as form, color, and typography, based on archived data. the findings show that the transformation of optik kasoem’s logo reflects an effort to sustain the business by adapting messages and meanings to market developments, consumer needs, and social context over time. changes in elements such as the name, typography, color, and form illustrate the company’s communication dynamics, while maintaining the inherited brand essence through the consistent use of the name “kasoem.” however, the transformation also reveals a conservative tendency in creative direction, this stimulus is provided by reintroducing the word “optik” to preserve the brand’s vitality yet does not fully demonstrate the courage to redefine the role of optical services in an ever-evolving era.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?